Just another WordPress.com weblog

Salah satunya, penyakit dekompresi, kondisi tersebut merupakan dampak akumulasi nitrogen yang terlarut. Setelah menyelam, bahan itu membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta sistem saraf.

Akibatnya, timbul gejala yang mirip sekali dengan stroke. Antara lain, mengalami mati rasa (numbness) dan kelumpuhan (paralysis), kehilangan kesadaran, bahkan meninggal. Menyelam dengan kedalaman 10 meter atau lebih membuat tekanan udara meningkat. “Seiring dengan peningkatan tekanan udara, nitrogen bertambah dan larut dalam darah. Itulah yang disebut dengan gangguan dekompresi.

Salah satu cara menangani dekompresi adalah terapi hiperbarik (oksigen bertekanan tinggi). inti terapi tersebut adalah mengeluarkan gelembung-gelembung gas nitrogen di dalam pembuluh darah. Harapannya, gelembung tersebut tak menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh. Melalui terapi itu, banyak penyelam yang bisa diselamatkan atau disembuhkan. “Sebab, gelembung nitrogen melarut dan kadar oksigen meningkat lagi. Dengan begitu, aliran darah kembali lancar.

Gangguan lain yang mungkin dialami penyelam adalah barotrauma. Yakni, perubahan tekanan yang tiba-tiba di luar telinga tengah. Hal itu mengakibatkan tuba eustachius gagal membuka, terutama pada penyelaman kompresi udara (scuba) atau penyelaman dengan menahan napas.

Kondisi tersebut sering terjadi pada kedalaman 10 sampai 20 kaki. Selain menyelam, saat naik pesawat terbang, seseorang juga bisa mengalami barotrauma. Gejalanya, telinga terasa nyeri dan penuh serta kemampuan pendengaran berkurang. “Obati dengan dekongestan dan hindari menyelam ataupun terbang sampai pasien kembali menyeimbangkan telinga tengah.

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah kehilangan panas tubuh. Saat menyelam di perairan yang dingin, tubuh akan kehilangan panas secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: