Just another WordPress.com weblog

Riset 4 Kelistrikan

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. atau daat di artikan juga sebagai sumber energi yang disalurkan melalui kabel dimana Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

riset kelistrikan kali ini adalah tentang petir tepat nya ketika ‘Hujan’ petir melanda kota palangkaraya beberapa hari yang lalu.Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan biasanya disebut kilat yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar sering disebut Guruh.

yang menjadi pertanyaan sekarang, apa hubungan antara kelistrikan dan petir. sebelum itu kita harus tau duli proses pembentikan petir. Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada awan yang bermuatan elektron dan juga proton artinya wan juga dapat disebut sumber listrik.

ada juga beberapa bukti yang dapat meyakinkan bahwa petir termasuk listrik antara lain, dari proses sampai nya petir ke bumi melalui air, merupakan salah satu ciri listrik yang merambat pada benda cair. bukti yang kedua adalah petir dapat mengalir melalui tiang listrik atau pemancar parabola, masuk melalui saluran kabel yang menghubungkan nya ke perabotan elektronik. karena memerima tegangan yang sangat besar mengakibatkan alat elek tronik tersebut rusak yang sering kita kenal dengan sebutan tersambar petir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: